• Jl.Bathin Syam Rt.001RW.001 Desa Mantang Besar
  • desa.mabes.mantang@gmail.com

Sejarah Desa Mantang Besar

24 November 2019 Darman SSi Dibaca 5.928 Kali

Terdengar dulu sebuah pulau yang disebut pulau Mantang hiduplah sekelompok masyarakat rukun dan damai meskipun penduduknya tidak ramai, kurang lebih pada tahun 1940 yang terdapat kehidupan empat kampong, yang terdiri dari Kampong Kayu Arang, Kampong Riau, kampong Mantang, dan Kampong Baru. Keempat kampong ini dipisah oleh Kepala kampong yang dulu disebut Hakim dan Bathin, sedangkan Hakim diatas Bathin yang waktu itu terletak di Kampong Arang. 

Lalu Ke empat kampong tersebut yang paling besar di antara kampong-kampong yang lain adalah Kampong Mantang. Waktupun terus berjalan dan sedikit demi sedikit ada perubahan dari pimpinan kampong sampai dengan kehidupan. Bathin berubah menjadi sebutan Penghulu, kampong Mantang pun berubah namanya menjadi Desa Mantang Besar. tTdak lama kemudian selanjutnya pemimpin kampong pun (penghulu) di ubah menjadi Kepala Desa. 

Mulai dari kepala desa inilah undang-undang atau peraturan Desa mulai di patuhi dan administrasi di desa pun semakin membaik dan rapi, kehidupan masyarakat pun sudah berpola pikir yang maju atau modern. dari hari kehari penduduk semakin ramai yang datangnya dari berbagai tempat mayoritas penduduk Desa Mantang Besar pemeluk agama islam dan mata pencairan sebagai nelayan.

Adapun wilayah yang termasuk Desa Mantang Besar yang berpenghuni mencakup, Selat Limau, Tanjung Mamboi, Pulau Sirai, Telang Kecil, dan Telang Besar. Sedangkan yang tidak berpenghuni antara lain Pulau Rusa Besar, Pulau Rusa Kecil, Pulau Siolong dll.

1. Sejarah Kepemimpinan Desa

Seiring berjalannya waktu, Desa Mantang Besar di pimpin oleh seorang Kepala Desa pertama kali pada tahun 1988 yaitu Bapak Syahril sampai tahun 1992. Dan tahun 1992sampai dengan tahun 1995 tongkat estapet di lanjutkan oleh bapak Agus Salim. Priode selanjutnya dari tahun 1995 sampai tahun 2009 tongkat estapet di lanjutkan oleh bapak Ma'at MS selama tiga priode. Di priode 2009 sampai 2015 di pimpin oleh bapak Saipul. Saat masa jabatan bapak Saipul habis, dan Beliau mencalonkan lagi untuk priode selanjutnya maka terjadi kekosongan jabatan dan diisi oleh Bapak Alam Syah selaku PJ Kepala Desa Mantang Besar waktu itu. 2016 pemilihan berlansung dengan sangat sengit, ada tiga kandidat yang bertarung untuk merebut kursi kepala Desa saat itu. Kandidat pertama bapak Saipul yang merupakan petahana, kandidat kedua pendatang baru yang baru terjun ke dunia politik yaitu bapak Basuki Rahmat dan kandidat ke tiga pendatang lama dan merupakan staf Desa  waktu itu yaitu bapak Subhan. Di moment pemilihan Kepala Desa ini di menangkan oleh petahana dengan perolehan suara terbanyak di antara dua kandidat lainnya. Maka untuk tahun 2016 sampai dengan 2022 di pimpin oleh Bapak Saipul selama dua priode.

Demikian sejarah singkat mengenai Desa Mantang Besar. Akan ada episode-episode selanjutnya...

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar